Senin, 04 November 2019

Alur Pendaftaran Gunung Arjuna 2019

Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu destinasi selain sewa tenda malang, rental alat camping malang pilihan yang tepat bagi para pendaki gunung. Itu karena ada beberapa gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan salah satunya adalah gunung tertinggi di pulau jawa, Gunung Arjuno adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia dengan ketinggian 3.339 m dpl.

sewa tenda malang

Gunung Arjuno

Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.
Hari ini terhitung Senin 4 november 2019 menjadi awal dibukanya kembali ijin pendakian gunung arjuno welirang setelah sebelumnya ditutup akibat beberapa hal.

Kabar gembira dibukanya jalur pendakian ini sekaligus sebuah upaya perbaikan sistem pendaftaran UPT Tahura Raden Soerjo dengan menerapkan modernisasi sistem uji coba pendaftaran secara online melalui website resmi UPT TAHURA RADEN SOERJO.
ogal agil gunung arjuna malang camp
Oleh karena itu dengan beredarnya informasi ini diharapkan memperhatikan sistem perijinan yang harus mendaftar secara online melalui form yang bisa didapatkan di website resmi UPT Tahura Raden Soerjo.

Berikut adalah beberapa tata cara pendaftaran yang harus diperhatikan terkait dengan sistem pendaftaran pendakian secara online.
  1. Portal pendaftaran online

          Website resmi UPT Tahura Raden Soerjo
  1. Pendaftaran dapat dilakukan 3(tiga) hari sebelum melakukan pendakian(H-3)

         Waktu pelayanan administrasi registrasi senin-jumat 07.00 S/D 15.30 WIB
         Waktu pelayanan perizinan pendakian pada setiap pos pendakian 24/7
  1. SOP Pendakian

         Calon pendaki diharapkan mengetahui, mencermati dan mampu menerapkan SOP pendakian terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran
  1. Mengisi Form pendaftaran

         Setiap pendakian harus melakukan registrasi dengan melengkapi Form pendaftaran  meliputi ketua regu,kontak darurat, anggota, perlengkapan, logistik
  1. Verifikasi dan konfirmasi status pendaftaran

         Setelah melakukan pendaftaran diharapkan untuk cek status pendaftaran melalui Email yang didaftarkan atau bisa juga dilihat di halaman website pendaftaran             online UPT Taman Raden Soerjo
  1. Cetak Lampiran

         Setelah mendapatkan Email atau verifikasi pada halaman website, kemudian cetak bukti pendaftaran beserta daftar perlengkapan untuk nantinya ikut dibawa ke lokasi pendakian dan berfungsi sebagai surat izin pendakian
rental tenda malang
Setiap pendaki di kawasan Tahura Raden Soerjo dikenakan tarif karcis masuk sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 12 tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan. Bila terdapat aturan / kebijakan baru tentang tarif karcis masuk di kawasan konservasi, maka tarif karcis pendakian akan disesuaikan sebagaimana peraturan terbaru tersebut.

Bukti konfirmasi melalui email harus dicetak dan dibawa untuk menjadi alat bukti masuk ke pintu masuk pendakian pos pendakian Tretes, pos pendakian Lawang, pos pendakian Tambaksari, pos pendakian Sumber Brantas dan Gunung Pundak.Selain membawa bukti pendaftaran setiap pendaki juga wajib membawa KTP/KTM/SIM/Paspor yang masih berlaku dan jika terdapat pendaki yang berusia kurang dari 17 tahun haruslah menyerahkan surat izin dari orangtua/wali. Diharuskan membawa surat keterangan sehat dari dokter yang berlaku maksimal H-2 sebelum pendakian, Dan jangan lupa selalu membawa trash bag/ kantong sampah.

Mungkin banyak dari kita para pendaki yang tidak mengetahui fungsi dari kewajiban bagi setiap calon pendaki untuk membayar pendaftaran maupun retribusi tiket. Setiap akan melakukan pendakian gunung arjuno-welirang khususnya, dengan mematuhi dan membayar retribusi masuk ke kawasan Tahura Raden Soerjo adalah sebagian dikeluarkan sebagai biaya asuransi oleh PT.JASA RAHARJA, yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan jumlah personil yang membayar retribusi tersebut. Jadi jangan pernah menjadi pendaki illegal hanya karena alasan mahal.

Karena itu demi keamanan dan kenyamanan kalian sendiri yang dijamin oleh negara pastinya ketika mengalami situasi yang tak terduga ketika melakukan pendakian. Karena kita sebagai pendaki yang pastinya juga harus mencintai dan menjaga alam, alangkah baiknya jika kita juga memperhatikan aturan dan etika ketika melakukan perjalanan pendakian di tempat yang jarang kita ketahui seperti gunung.

Karena di gunung kita akan dituntut untuk menjaga kelestarian alam dan berpartisipasi dalam setiap upaya pencegahan, pengendalian dan penanggulangan bencana alam yang kita temui, salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah:
  1. Dengan menggunakan perlengkapan/personal use yang sesuai dan memenuhi standar pendakian
  2. Mematuhi pengumuman maupun rekomendasi batas aman pendakian yang diberikan
  3. Setiap pendaki harus berjalan dan dapat mendirikan tenda sesuai dengan jalur dan lokasi yang ditentukan.
  4. Pendaki yang naik dan turun gunung wajib melapor dan membawa kembali sampah sisa konsumsi maupun sampah anorganik lainnya.
Selain itu dalam setiap pendakian juga diwajibkan membawa beberapa nbarang kebutuhan yang sesuai dengan karakter gunung yang akan dijelajahi setiap pendaki antara lain:
  1. Sewa Tenda Malang/ Rental alat camping malang kedap air
  2. Ransel/Carrier dengan spesifikasi yang baik dan kuat. nyaman serta menunjang untuk aktifitas pendakian
  3. Matras, sleeping bag, sarung tangan, kaos kaki, penutup kepala(bandana,kupluk,peci dsb) serta jas hujan. Setiap barang perlengkapan tersebut haruslah sesuai dengan standar pendakian.
  4. Lampu senter, headlamp, tracking pole maupun safety helmet jika diperlukan, dan baterai cadangan
  5. Perbekalan logistik yang disesuaikan dengan rencana pendakian dan jumlah anggota kelompok
  6. obat-obatan pribadi (P3K)
Dari semua hal diatas yang perlu diperhatikan, dan tidak kalah pentingnya alangkah baiknya jika kita mempersiapkan fisik yang sehat dan tidak lupa selalu berdoa untuk meminta perlindungan-NYA.
rental tenda malang arjuno

Take Nothing But Picture

jangan mengambil apapun kecuali gambar

Leave Nothing But Foot Print 

jangan meninggalkan apapun kecuali tapak kaki atau jejak

Kill Nothing But Time

jangan membunuh apapun kecuali waktu

Postingan ini telah terbit di halaman website official CiliwungCamp :https://www.ciliwungcamp.com/alur-pendakian-gunung-arjuno-2019/
#rentaltendamalang
#sewatendamalang
#sewaalatcamping
#sewatendacampingmalang
#rentalalatcamping
#sewaalatcampingmalang
#rentalalatcampingmalang
#sewatendacamping
#rentaltendacamping
#rentalalatcampingmalang
#malangcamping
#campingmalang
#ciliwungcamp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar