Selasa, 08 Oktober 2019

CAGAR ALAM PULAU SEMPU MALANG


Cagar Alam Pulau Sempu di Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang memiliki daya tarik lain selain keindahan pantai-pantainya. Pesona lain itu ada pada Telaga Lele, satu dari dua danau di pulau tersebut.
pulau sempu ciliwung camp

Sebagai sebuah cagar alam, pulau sempu tidak diperbolehkan dan dibenarkan digunakan sebagai lokasi kunjungan maupun kepentingan pariwisata. Karena tercantum dan tertulis sebelumnya dalam surat edaran balai besar konservasi sumber daya alam jawa timur nomor SE.02/k.2/BIDTEK.2/KSA/9/2017 Tentang Larangan Aktivitas Wisata Ke Cagar Alam Pulau Sempu, Balai Besar KSDA Jawa Timur (BBKSDA Jatim) dan di tanda tangani oleh Dr. Ir. Ayu Dewi Utari, M.Si kepala BBKSDA jawa timur pada 25 september 2017 silam dan dapat dilihat di website resmi BBKSDA balai besar konservasi sumber daya alam jawa timur.

Telaga lele merupakan danau air tawar di pulau sempu yang memiliki luas 2 Ha. Danau ini ukurannya kira-kira separuh dari segara anakan, danau air laut yang juga ada di pulau tersebut. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang cukup lebat. Letaknya berada di bagian timur wilayah konservasi pulau sempu.

Air tawar yang memenuhi danau ini cukup jernih. Pasokan air yang melimpah di tempat ini membuat telaga lele menjadi satu-satunya sumber kebutuhan air minum bagi satwa-satwa liar yang hidup di pulau sempu. Selain berasal dari sumber air, pasokan air ini datang dari air hujan yang mampu tertampung oleh danau tersebut.

Sesuai dengan namanya, telaga lele ini dihuni oleh kawanan ikan lele. Meski jumlahnya tak terlalu banyak, penduduk setempat meyakini barang siapa yang kedapatan dengan sengaja menangkap dan membawa pulang ikan lele tersebut, maka akan terkena malapetaka. Selain itu, di danau ini hidup pula ikan mujair, yang lebih mudah dijumpai daripada ikan lele. Ada juga berbagai jenis ikan hias berwarna-warni yang juga bisa dilihat dengan mudah dari permukaan danau.

Untuk mencapai ke area telaga lele ini dibutuhkan waktu sekitar dua jam dari pantai waru-waru. Ada jalan setapak yang sudah dibangun pengelola dari pantai tersebut sejauh 2,3 kilometer. Tentunya, jalan setapak tersebut akan melalui hutan yang cukup lebat.

Pulau Sempu sendiri merupakan cagar alam yang berada di samudera hindia, tepatnya di sebelah selatan malang. Pulau ini berada dalam pengawasan Kementrian Kehutanan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Bidang KSDA Wilayah III Jember, Seksi Konservasi Wilayah VI Probolinggo, dan Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu Kabupaten Malang.

Kawasan hutan pulau sempu ditunjuk sebagai cagar alam berdasarkan Besluit van den Gouverneur General van Nederlandsch Indie No.69 dan No.46 tanggal 15 Maret 1928 tentang Aanwijzing van het natour monument Poelau Sempoe yang memiliki luas sekitar 877 hektar, penetapan kawasan ini sebagai cagar alam karena keadaan alamnya yang khas, sehingga diperuntukkan bagi kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta kegiatan penunjang budaya.

Sesuai fungsinya tersebut, maka kegiatan wisata, rekreasi atau berkemah tidak dibenarkan dan tidak diperbolehkan dilakukan di dalam area ini. Sebelum memasuki kawasan konservasi pulau sempu ini, Anda wajib melapor ke pos resort konservasi wilayah pulau sempu, dengan membawa SIMAKSI (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi). Surat tersebut dapat diurus di Balai Besar KSDA jatim di Jalan bandara juanda surabaya, Bidang KSDA Wilayah III jember di jalan jawa No. 36 Jember atau seksi konservasi wilayah VI probolinggo di Jalan Mastrip No.88 probolinggo.


Adapun izin memasuki daerah cagar alam dalam bentuk surat izin masuk kawasan konservasi, selain itu surat edaran larangan ke pulau sempu sebagai kawasan wisata ditujukan kepada pengusaha jasa travel wisata, pecinta alam, dan masyarakat umum tentunya.

Untuk menuju pulau sempu terlebih dahulu kita akan melewati sebuah pantai yang bernama pantai sendang biru yang sekaligus merupakan jalan masuk menuju pulau sempu. Dari pantai sendang biru, Anda bisa menyewa perahu nelayan usai mendapatkan perizinan yang dibutuhkan. Pantai ini berlokasi 69 kilometer arah selatan pusat kota malang. Untuk menuju pantai ini, bisa melalui 2 rute yaitu malang- bululawang & malang-gondanglegi.

Sebagai cagar alam satu-satunya yang tersisa di pantai selatan pulau jawa seluas 877 hektar dibawah pengelolaan balai konservasi sumber daya alam jawa timur dan departemen kehutanan  Indonesia yang diakui sebagai cagar alam tahun 1928 sejak jaman pemerintahan hindia belanda saat itu.

Post By:

Wisata outbound malang Ciliwung Camp Equipment Outdoor Rental

Paket outbound malang Outbound Seru Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar