Jumat, 25 Oktober 2019

Serunya Offroad Coban Putri Batu Land Rover Series Explore Adventure


offroad di batu
Mendengar land rover pasti kalian akan teringat akan kendaraan kuno asal daratan inggris berbentuk aneh yang sering digunakan sebagai kendaraan militer di indonesia dengan sebutan mobil panci, tapi apa kalian tau sejarah terciptanya produk land rover yang kita kenal dan bertahan hingga sekarang??

Islay adalah sebuah pulau di skotlandia yang menjadi cikal bakal nama land rover yang kita kenal sekarang, karena di pulau islay ini nama land rover dilahirkan yang kemudian diberikan untuk salah satu type model mobil mereka yang diluncurkan pada tahun 1948(land rover seri I).Pulau islay ini juga menjadi area pengujian tidak resmi untuk land rover pada akhir 1940-an.
offroad coban putri
Land rover notabene adalah sebuah brand produk mobil batu offroad 4x4 lawas buatan inggris yang hadir era 1948-an.Pada awalnya land rover series adalah sebuah kendaraan yang diproduksi secara masal untuk keperluan masyarakat pedesaan yang mendukung aktivitas pertanian dan menyaingi popularitas jeep willys asal negeri paman sam pada masa itu.

Pada masa perang dunia II logam besi adalah sebuah barang yang tergolong mahal dan langka, hal inilah yang melatar belakangi kenapa produk land rover series menggunakan bahan campuran alumunium yang lebih dikenal dengan birmabright, apalagi suplai bahan birmabright di inggris sangat berlimpah akibat terhentinya produksi pesawat tempur setelah perang dunia II berakhir, bodi yang terbuat dari aluminium dan kerangka besi yang mudah dibongkar pasang menjadi kelebihan sekaligus kekurangan dari land rover series.
offroad di batu coban putri
Land rover seri III merupakan produk land rover offroad terakhir yang menggunakan birmabright. Sebenarnya apa sih birmabright itu??

Birmabright adalah sejenis logam campuran (alloy) yang dipakai menjadi bahan baku bodi land rover seri I pada 1948. Dibuat pertama kali oleh birmetals.co di birmingham inggris pada 1929, panel-panel birmabright tersebut dirangkai menjadi satu kesatuan bodi mobil dan disatukan menggunakan paku rivet. 
fun offroad coban putri batu
Birmabright terbuat dari campuran aluminum (92%), magnesium (7%), dan magnesium (1%).salah satu keunggulan dari bahan birmabright adalah lebih tahan terhadap oksidasi dibanding dengan material aluminium alloy lainnya karena kandungan magnesiumnya.
Bahan birmabright berhenti diproduksi sebagai bahan material body land rover pada tahun 1980-an karena pabrik pembuatnya mengalami masalah penjualan dan pemogokan terhadap tenaga kerjanya.Setelah stok birmabright habis, land rover menggantinya dengan material aluminium alloy lain.
Sementara untuk generasi penerus series, dibuatlah land rover defender yang sudah pakai material aluminium alloy dengan kode ns4/5251.Material ini lebih tipis dan daya tahannya terhadap karat tidak sebagus birmabright karena kandungan magnesiumnya lebih minim.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar